7 Hal Penting Dalam Memilih Tempat Tinggal

Spread the love

Menjadi keinginan setiap orang untuk bisa memiliki hunian yang nyaman. Memilih rumah tapak, rumah kost, atau bahkan apartemen untuk tempat tinggal tentu perlu mempertimbangkan banyak hal.

7 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Tempat Tinggal yang Nyaman

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih tempat tinggal yang nyaman.

  1. Harga hunian yang akan ditinggali

Budget yang Anda miliki untuk membeli atau menyewa hunian adalah faktor utama yang menjadi pertimbangan untuk memilih tempat tinggal yang nyaman. Sesuaikan jenis rumah atau apartemen yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki.

Jangan memaksakan diri jika dana yang dimiliki belum cukup untuk tinggal di tempat atau rumah yang besar walaupun sekarang bisa dicicil dengan KPR. Apabila terpaksa membeli dengan kredit, pastikan sesuai dengan pemasukan Anda setiap bulan agar tidak macet di tengah jalan.

  1. Akses dan lokasi hunian

Lokasi merupakan salah satu faktor yang menentukan kenyamanan tempat tinggal. Tentu tidak nyaman jika lokasi tempat tinggal tidak strategis, misalnya terlalu jauh dengan tempat kerja atau jauh dari sekolah.

Pastikan juga hunian Anda berada di lokasi yang memiliki akses jalan yang baik dan beraspal. Periksa kondisi jalan utama yang ada di dekat hunian tersebut bisa dilalui mobil atau hanya sepeda motor. Jika Anda akan lebih sering bepergian dengan transportasi umum, maka pilih hunian yang memiliki lokasi dekat dengan jalur bis, angkot, atau kendaraan umum lainnya.

Hunian yang berada di lokasi strategis biasanya memiliki akses yang mudah. Anda bisa mengakses tempat tinggal menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Namun lokasi hunian ini juga berpengaruh terhadap harga properti sehingga Anda harus pintar-pintar memiliki lokasi tempat tinggal.

  1. Jenis dan ukuran hunian

Kriteria tempat tinggal yang nyaman tentu berbeda-beda untuk setiap orang. Bagi perantau atau mahasiswa yang membutuhkan tempat tinggal nyaman untuk sementara mungkin bisa memilih jenis hunian berupa rumah kost yang disewakan. Sedangkan untuk Anda yang membutuhkan tempat tinggal untuk waktu lama bersama keluarga, jenis rumah tapak bisa menjadi hunian yang nyaman.

Bagi masyarakat urban terutama kaum milenial mungkin lebih suka tinggal di apartemen. Jadi untuk memilih tempat tinggal yang nyaman dapat disesuaikan sendiri dengan kebutuhan dan selera masing-masing orang.

Begitu juga dengan ukuran hunian yang akan menjadi tempat tinggal. Ukuran hunian untuk yang tinggal sendiri, pasangan muda, dan keluarga besar tentu berbeda. Jika tinggal sendiri bisa di kost atau apartemen studio, namun untuk yang tinggal dengan banyak anggota keluarga sebaiknya memilih hunian yang lebih besar.

  1. Lingkungan tempat tinggal

Selain memperhatikan kualitas bangunannya, penting juga untuk mengecek kondisi lingkungan sekitarnya. Pilih hunian yang berada di lingkungan yang aman, baik dari banjir, bencana tanah longsor, atau tindakan kriminal.

Apabila sudah terlanjur membeli, pastikan Anda melengkapinya dengan sistem keamanan yang baik seperti CCTV. Lakukan renovasi peninggian rumah jika Anda membeli hunian di kawasan yang rawan banjir.

Pastikan lingkungan tempat tinggal bersih agar Anda sekeluarga lebih sehat. Jika memungkinkan, pilih tempat tinggal yang memiliki tingkat polusi rendah terutama untuk Anda yang berada di daerah perkotaan.

  1. Desain rumah

Beberapa orang mungkin tidak terlalu memikirkan desain rumah, apalagi jika hanya akan digunakan sebagai tempat tinggal sementara. Namun desain rumah ini akan menentukan kenyamanan tempat tinggal Anda dan keluarga.

Perhatikan desain rumah atau hunian yang akan dipilih. Jika bisa menentukan sendiri, Anda bisa mengatur desain hunian yang akan ditempati. Namun untuk hunian yang sudah siap pakai, perhatikan desain di luar dan di dalamnya apakah sesuai atau tidak.

Apabila terlalu banyak yang tidak sesuai, nantinya Anda bisa mengeluarkan budget lebih banyak untuk renovasi. Oleh sebab itu, sebelum membelinya, perhatikan dulu desain rumah atau hunian tersebut.

  1. Fasilitas tempat tinggal

Bagi yang memilih rumah kost untuk tempat tinggal, pastikan memiliki fasilitas yang memadai terutama fasilitas air dan listrik. Beberapa tempat mungkin memiliki keterbatasan air bersih yang akan mengganggu kenyamanan Anda karena air dibutuhkan setiap hari.

Hindari memilih hunian di lingkungan dengan pasokan listrik terbatas atau bermasalah. Kebutuhan listrik tidak kalah penting seperti air yang diperlukan untuk bertahan hidup. Apalagi sekarang banyak peralatan sehari-hari yang digunakan dengan bantuan listrik.

Selain fasilitas standar air dan listrik, pertimbangkan juga fasilitas umum yang tersedia di sekitarnya. Misalnya fasilitas rumah sakit, toko obat, pusat perbelanjaan, sekolah, atau fasilitas umum lainnya. Pilih hunian yang memiliki akses mudah dan tidak terlalu jauh dengan fasilitas umum tersebut.

  1. Pengembang yang terpercaya

Bagi Anda yang memilih tinggal di apartemen atau kompleks perumahan, sebaiknya pilih properti dari developer terpercaya. Cek legalitas dan rekam kerja dari pengembang tersebut. Biasanya untuk pengembang yang bagus memiliki properti berkualitas yang pastinya nyaman untuk tempat tinggal.

Selain untuk mendapatkan hunian yang nyaman, memilih pengembang terpercaya juga penting agar Anda bisa memperoleh tempat tinggal dengan mudah sesuai perjanjian. Misalnya saja untuk serah terima sertifikat hak milik bangunan dilakukan dengan tepat waktu tanpa ada pengunduran yang lama.

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk memilih tempat tinggal yang nyaman. Intinya tempat tinggal yang nyaman adalah hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing orang. Jika Anda bisanya tinggal di rumah kost, maka rumah sewa ini adalah pilihan terbaik dibandingkan harus memaksakan diri tinggal di apartemen yang harganya lebih mahal.